Mengabaikan makanan pokok local papua.

Mengabaikan makanan pokok local papua.
Kita melihat dengan seksama,rakyat papua banyak mengkomsi beras yang bukan makanan pokok masyarakat papua. Yang setahu saya, makanan pokok orang papua adalah ubi jalar, sagu, singkong bete dan lain-lain. Makanan pokok adalah makanan yang dikonsumsi sahari-hari pada suatu daerah. Tetapi dibelakangan terjadi mengkonsumsi beras menjadi makanan pokok menggantikan makanan-makanan local papua. Apakah ada dampak mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok bagi orang papua? Bagi saya menjadi prihatin terhadap beberapa masalah yang dialami rakyat papua adalah :
1.pada umumnya masyarakat papua tidak tahu-menahu tentang cara menanam/ menghasilkan padi, Belum mempuyai sawah.
2.. tingkat konsumsi tinggi, pemenuhan kebutuhan hidup meningkat, masyarakat papua tahu itu bagian dari makanan pokok.
3.  memaksa mengkonsumsi beras, dengan seakan membuat masyarakat, tak memikir makanan pokok alternative lainnya.Didalam program nasional dari departemen pertanian RI Dirjen tanaman pangan . program DIVERSIFIKASI PANGAN BERBASIS SUMBERDAYA LOKAl, pada dasarnya program ditanggapi positif di berbagai daerah seluruh Indonesia. Seperti
DiJawa Tengah memiliki potensi yang sangat besar dan beragam sebagai sumber pangan, seperti ubi kayu, jagung, garut, sukun, talas, ubi jalar, pisang dan umbi-umbian. Oleh karena itu diversifikasi pangan merupakan solusi strategis dalam menghadapi berbagai permasalahan pangan, oleh karena itu perlu didorong pengembangan pangan berbasis tepung berbahan baku lokal.
Hal ini dikemukakan Kepala Badan Bimas Ketahanan Pangan Propinsi Jateng Ir. Gayatri Indah Cahyani pada Seminar Nasional Ketahanan Pangan dan Gelar Produksi Pangan di Purwokerto, baru-baru ini. Sumber :sinar tani
masalah yang menimpah rakyat papua pada akhir-akhir ini,adalah fenomena dimana pemerintah memanja masyarakat dengan memberikan bantuan berupa:
jaring pengaman sosial (JPS), pemerintah entah tahu atau tidak tahu, mau atau tidak, minta tau tidak minta berikan saja bantuan beras kata untukmencukupi kebutuhan yang belum tercukupi atau karena musibah kelaparan sehingga berikan bantuan sekian ton. Ini fenomena yang akan membuat masyarakat malas bekerja di kebun/ladang.
Bantuan langsung tunai (BLT), Pemerintah juga tidak segan berikan bantuan uang untuk tercukupi kebutuhan dalam rumah tangga.
Bahan bakar minyak (BBM), dengan naiknya harga minyaka mentah dunia, pemerintah memprogramkan bantuan uang dengan tujuan untuk membeli kompor gas, dan bisa membeli minyak tanah yang harganya melonjak naik.
Turun kampung (TURKAM),pemerintah provinsi papua dengan gaya membangun kaka bas pulang kampung, memberikan bantuan kepada masyarakat per kampung seratus juta, tapi rakya papua banyak yang binggung dengan uang sekian milliard untuk dipergunakannya. Karena tidak ada pedoman atau petunjuk pergunakan uang tersebut, yang terjadi apa? Salah dipergunakan seperti main judi,lunasi utang orang lain.
Masyarakat papua harus sadar akan melimpahnya sumber daya alam yang dapat menghasilkan sumber pangan lokal seperti : ubijalar, keladi,sagu,singkong dan lain sebagainaya.saya mengharapkan mari kita semua melihat bersama-sama mana yang makanan khak yang sudah turun-temurun dari nenek moyang kita.
( Nimbrot N. Kudiai)



LanJutkaN..